About

Hallo sobat,

salam kenal.  Ada masalah ? boleh berbagi dengan saya

 

2 Tanggapan to “About”

  1. Yanu Says:

    Halo pak, salam kenal.

    Kalau boleh minta saran/masukan, saya punya kasus seperti ini.
    Saya mempunyai masalah terkait perbandingan dua metode uji produksi dalam menghitung laju alir uap dan menghitung nilai enthalpy. Katakanlah saya mempunyai metode pertama bernama “Metode Separator” dan metode kedua bernama “Metode Lip Pressure”. Nah, dari kedua metode tersebut selama ini yang terkenal akurat dalam menghitung laju alir uap dan nilai enthalpy adalah Metode Separator. Akan tetapi metode tersebut apabila dipertimbangkan dari banyak faktor, seperti waktu, tenaga, kompleksitas, analisis dan keekonomiannya kurang bagus. Berbekal itulah saya mencoba melakukan analisis menggunakan metode lain, yakni Metode Lip Pressure dengan berbagai keuntungannya apabila dibandingkan dengan Metode Separator. Setelah saya melakukan analisis, tentunya dengan melakukan modifikasi perhitungannya saya mendapatkan nilai laju alir uap dan nilai enthalpy seperti pada metode separator. Namun muncul masalah, saya bingung bagaimana melakukan validasi antara metode yang saya lakukan tersebut dengan Metode Separator ?Apakah perlu dengan melakukan analisis statistik ataukah analisis yang lain?Dari analisis itu, saya juga ingin mendapatkan hasil/output range penerimaan minimum dan maksimum hasil yang bisa diterima. Mohon saran/ masukan terkait hal ini.
    Sebagai catatan : dari beberapa sampel pelaksanaan uji produksi, ada beberapa hasil yang mendekati tetapi ada juga hasil agak jauh.

    Demikian, terima kasih atas balasannya.

    • Muhammad Hatta Says:

      Yanu,
      Karena anda hanya membandingkan dua metode, yaitu metode separator vs metode lip pressure, maka anda bisa menggunakan uji t untuk menganalisis penelitian anda. Bila ingin mendapatkan rentang penerimaan, maka anda bisa menggunakan nilai rata-rata plus-minus 0.6745x(varians/Vn) (lihat buku Metoda Statistika by Sudjana hlm. 203). Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: