STATISTIKA DESKRIPTIF

Statistika deskriptif adalah bentuk statistika yang paling mula-mula berkembang sebelum adanya statistika inferensia. Bahkan, Sokal dan Rohlf (1981) menyatakan bahwa statistika deskriptif adalah an early and fundamental stage in any science. Maksudnya statistika deskriptif ini merupakan tahapan awal dan mendasar dalam semua bidang ilmu pengetahuan.

Apapun jenis dan bidang yang ingin kita kembangkan, kita harus mengenalinya dengan baik. Untuk mengenali sesuatu dengan baik, kita memerlukan perangkat ikhtisar yang baik pula, agar kita dapat mengelolanya ataupun membaginya kepada orang lain secara baik pula. Ikhtisar dalam bentuk kualitatif seperti grafik atau tabel dapat digunakan, namun dalam banyak hal, ikhtisar yang kuantitatif sangat diperlukan untuk menggambarkan sesuatu secara tepat dan akurat. Ikhtisar kuantitatif yang dapat memberikan gambaran yang demikian disebut dengan STATISTIKA DESKRIPTIF.

Statistika deskriptif meliputi dua jenis, yaitu statistika lokasi dan statistika dispersi. Statistika lokasi dapat berupa rata-rata, modus, dan median. Statistika lokasi ini kadang-kadang disebut juga dengan ukuran gejala pusat. Hal ini karena baik rata-rata, modus, maupun median adalah ukuran yang mendeskripsikan nilai tengah atau nilai pusat dari suatu kumpulan data. Akan tetapi, statistika lokasi ini tidak bisa mendiskripsikan bentuk dari distribusi.

Statistika dispersi dapat melengkapi kekurangan statistika lokasi. Statistika dispersi dapat memberikan informasi lebih rinci mengenai bentuk distribusi dari sekumpulan data. Di antara ukuran dispersi yang banyak dipakai adalah kuartil, desil, dan persentil. Ukuran dispersi yang lebih modern adalah standar deviasi, varians, dan koefisien keragaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: