Uji t dikembangkan oleh William Sealy Gosset. Dalam artikel publikasinya, ia menggunakan nama samaran Student, sehingga kemudian metode pengujiannya dikenal dengan uji t-student. William Sealy Gosset menganggap bahwa untuk sampel kecil, nilai Z dari distribusi normal tidak begitu cocok. Oleh karenanya, ia kemudian mengembangkan distribusi lain yang mirip dengan distribusi normal, yang dikenal dengan distribusi t-student. Distribusi student ini berlaku baik untuk sampel kecil maupun sampel besar. Pada n ≥ 30, distribusi t ini mendekati distribusi normal dan pada n yang sangat besar, misalnya n=10000, nilai distribusi t sama persis dengan nilai distribusi normal (lihat tabel t pada df 10000 dan bandingkan dengan nilai Z).
Pemakaian uji t ini bervariasi. Uji ini bisa digunakan untuk objek studi yang berpasangan dan juga bisa untuk objek studi yang tidak berpasangan. Berikut contoh penggunaan uji t.
Uji t tidak berpasangan
Contoh kasus
Kita ingin menguji dua jenis pupuk nitrogen terhadap hasil padi
1. Hipotesis
2. Hasil penelitian tertera pada Tabel 1.
Plot |
Pupuk A
Y1 |
Pupuk B
Y2 |
1 |
7 | 8 |
2 | 6 |
6 |
3 |
5 | 7 |
4 | 6 |
8 |
5 |
5 | 6 |
6 | 4 |
6 |
7 |
4 | 7 |
8 | 6 |
7 |
9 |
6 | 8 |
10 | 7 |
7 |
11 |
6 |
6 |
12 | 5 |
7 |
3. Data analisis adalah sebagai berikut
Hitunglah
1= 5.58
S1 = 0.996
S2 = 0.793
thit =( 1 – 2)/√(S12/n1) +(S22/n2)
=( 5.58 – 6.92)/√(0.9962/12)+(0.7932/12)
= -1.34/0.367522 = -3.67
Setelah itu, kita lihat nilai t table, sebagai nilai pembanding. Cara melihatnya adalah sebagai berikut. Pertama kita lihat kolom α = 0.025 pada Tabel 2. Nilai α ini berasal dari α 0.05 dibagi 2, karena hipotesis HA kita adalah hipotesis 2 arah (lihat hipotesis). Kemudian, kita lihat baris ke 22. Nilai 22 ini adalah nilai df, yaitu n1+n2-2. Nilai n adalah jumlah ulangan, yaitu masing 12 ulangan. Akhirnya, kita peroleh nilai t table = 2.074.
t table = t α/2 (df) = t0.05/2 (n1+n2-2)=t0.025(12+12-2) = t0.025(22) = 2.074
df |
α | |||
0.05 | 0.025 | 0.01 |
0.005 |
|
1 |
6.314 | 12.706 | 31.821 | 63.657 |
2 | 2.920 | 4.303 | 6.965 |
9.925 |
3 |
2.353 | 3.182 | 4.541 | 5.841 |
4 | 2.132 | 2.776 | 3.747 |
4.604 |
5 |
2.015 | 2.571 | 3.365 | 4.032 |
6 |
1.943 | 2.447 | 3.143 |
3.707 |
7 | 1.895 | 2.365 | 2.998 |
3.499 |
8 |
1.860 | 2.306 | 2.896 | 3.355 |
9 | 1.833 | 2.262 | 2.821 |
3.250 |
10 |
1.812 | 2.228 | 2.764 | 3.169 |
11 | 1.796 | 2.201 | 2.718 |
3.106 |
12 |
1.782 | 2.179 | 2.681 | 3.055 |
13 | 1.771 | 2.160 | 2.650 |
3.012 |
14 |
1.761 | 2.145 | 2.624 | 2.977 |
15 | 1.753 | 2.131 | 2.602 |
2.947 |
16 |
1.746 | 2.120 | 2.583 | 2.921 |
17 | 1.740 | 2.110 | 2.567 |
2.898 |
18 |
1.734 | 2.101 | 2.552 | 2.878 |
19 | 1.729 | 2.093 | 2.539 |
2.861 |
20 |
1.725 | 2.086 | 2.528 | 2.845 |
21 | 1.721 | 2.080 | 2.518 |
2.831 |
22 |
1.717 | 2.074 | 2.508 | 2.819 |
23 | 1.714 | 2.069 | 2.500 |
2.807 |
24 |
1.711 | 2.064 | 2.492 | 2.797 |
25 | 1.708 | 2.060 | 2.485 |
2.787 |
26 |
1.706 | 2.056 | 2.479 | 2.779 |
27 | 1.703 | 2.052 | 2.473 |
2.771 |
28 |
1.701 | 2.048 | 2.467 | 2.763 |
29 | 1.699 | 2.045 | 2.462 |
2.756 |
30 |
1.697 | 2.042 | 2.457 | 2.750 |
40 | 1.684 | 2.021 | 2.423 |
2.704 |
50 |
1.676 | 2.009 | 2.403 | 2.678 |
100 | 1.660 | 1.984 | 2.364 |
2.626 |
10000 |
1.645 | 1.960 | 2.327 |
2.576 |
4. Kriteria Pengambilan Kesimpulan
Terima H0, jika thit| < t table, sebaliknya
Tolak H0, alias terima HA, jika thit| > t table
5. Kesimpulan
Karena nila thit|= 3.67 (tanda minus diabaikan) dan nilai t table=2.074, maka kita tolak H0, alias kita terima HA. Dengan demikian, 1 ≠ 2, yaitu hasil padi yang dipupuk dengan pupuk A tidak sama dengan hasil padi yang dipupuk dengan pupuk B. Lebih lanjut, kita lihat bahwa rata-rata hasil padi yang dipupuk dengan pupuk B lebih tinggi daripada yang dipupuk dengan pupuk A. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa pupuk B nyata lebih baik daripada pupuk A untuk meningkatkan hasil padi.
Tag: t tidak berpasangan, uji t
Tinggalkan komentar